Login

Siapa Yang Online

Kami Memiliki 26 Tamu dan tidak ada Anggota online

Total Pengunjung

Hari Ini4
Kemarin103
Minggu Ini872
Bulan Ini2623
Keseluruhan145549

PEMKOT MENUNGGU PEMILIK LAHAN

BALIKPAPAN – Pemkot Balikpapan belum bisa melakukan renovasi terhadap Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Agung yang berada di kawasan Gunung Bakaran, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Pasalnya, ada beberapa bagian lahan yang akan direnovasi merupakan milik orang lain.

“Untuk itu, sebelum direnovasi kami akan menyesuaikan dengan desain pemilik lahan,”kata Kabag Pengelolaan Aset dan Perlengkapan Sekdakot Balikpapan, M Arsyad kepada Balikpapan Pos,  Senin (30/1) kemarin.

Saat ini kata Arsyad, pihaknya sedang menunggu konfirmasi dari pemilik lahan tentang  lahannya yang menjadi bagian removasi TMP ini. “Pokoknya kalau sudah ada konfirmasi dari pemilik lahan maka kami akan segera melakukan renovasi TMP ini,”terangnya.

Arsyad menjelaskan,  ada beberapa bagian TMP yang akan dibenahi di antaranya adalah pintu gerbang, jalan masuk, lokasi parkir, taman disertai hiasan air mancur serta halaman yang biasa menjadi tempat pelaksanaan upacara bendera.

“Kami sudah memiliki beberapa rancangan untuk menata pintu gerbang TMP. Namun kami harus menunggu desain dari pemilik lahan untuk disenergikan dengan desain milik pemkot,”kata Arsyad.

Menurutnya lagi, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) terkait dengan gambar renovasi TMP serta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk membahas perkiraan anggaran yang akan digunakan untuk renovasi. Arsyad menjelaskan, dalam perencanaan sebelumnya, pemkot telah menyediakan dana senilai Rp2 miliar untuk renovasi TMP Dharma Agung ini.

“Pemkot mengalokasikan sekira Rp2 miliar untuk penataan TMP.Namun  belum termasuk dengan pembebasan lahan di depan TMP yang kini menjadi lokasi bengkel,” terang Arsyad "Untuk DED dibuat  oleh DPU. Penataannya anggaranya sekitar Rp 2 Miliar sedangkan pembebasan lahan sekitar Rp 3 Miliar,”tuturnya.

Sesuai dengan DED yang dikerjakan DPU, rencananya pemkot akan membangun semacam pintu gerbang sebagai jalan masuk menuju TMP yang selama ini hanya berbentuk gapura. "Mungkin setelah direnovasi TMP ini akan kelihatan lebih bagus sebagai tempat bersejarah yang harus dihormati,"pungkasnya.(vie)

Add your comment

Your name:
Subject:
Comment:
 
Error displaying Captcha
or compatible 'HTML block' Captcha was not installed.